Balas Salam Kami

Ahlan Wa Sahlan !

As-Salaamu 'alaikum wa rohmatu 'l-Loohi wa barokaatuH,


Al-Hamdu li 'l-Laah kita punya "Hall". Blog ini milik kita. Ajang kita bersilatu 'r-rohim, bertukar ide dan pengalaman serta saling berbagi suka maupun duka. Kita adalah saudara. Ada lebih dari "sesuatu" yang telah mengikat kita kuat, erat tak terpisahkan.


Kalian dapat mengirim berita, cerita, pengalaman atau apa saja yang baik dan berguna untuk semua, tetapi jangan lupa untuk sertakan foto terbarunya. Post-kan via e-mail ke :
one.zein69@yahoo.com


Kampus kita masih yang itu-itu juga, al-Hamdu li 'l-Laah masih dipelihara oleh Allah 'Azza wa Jalla. Kalau ingin ia menjadi lebih baik, kalian lebih tahu caranya dan Allah Maha Tahu semua niat dan amal kita. OK, beritanya ditunggu. Tell a friend.


Was-Salaamu 'alaikum wa rohmatu 'l-Loohi wa barokaatuH.

Admin of Hall of MTsMTM

Eh ... Ada Tamu ?


Selamat Tahun Baru Hijriyyah !


Mana Tulisanu ?


Menentukan Arah Qiblah

03 Agustus 2009

Kalender Hijriyyah ... Milik Siapa ???

Konversi Tanggalan Hijri


Sepertinya amat sangat naif bila sebagai seorang muslim, kita malah sama sekali "buta” atau menutup mata dan telinga terhadap Kalender/Penanggalan Hijriyyah yang adalah milik kita. Memang sih … pada Kalender-kalender yang tergantung di hampir semua rumah kita sudah tertera pula sisipan Penanggalan Hijriyyah, tetapi kita kan tidak pernah ambil peduli. Iya, kan … ? Tuh … kan iya ! OK lah yang sudah ya sudah ?!


Tetapi apakah untuk catatan penting yang berhubungan dengan diri pribadi kita, juga tetap tidak kita hiraukan, misalnya : adakah kita tahu atau pernahkah kita mencari tahu tentang tanggal, bulan dan tahun berapa menurut Kalender/Penanggalan Hijriyyah … kita atau keluarga kita dilahirkan, menikah atau wafat dan seterusnya ?. Masa sich kita nggak mau tahu juga ?


Dulu, guru yang memperkenalkan Komputer di MTs. MTM, rajin sekali menanyakkan sekaligus menunjukkan konversi tanggal lahir setiap siswa, orang perorang. Kala itu softwarenya malah masih kuno, tampilannya hanya berbentuk teks doang dan kurang menarik. Kini para programmer muslim handal di dunia saling berebut menawarkan puluhan software konversi Kalender/Penanggalan Hijriyyah itu kepada dunia Islam secara gratis dan canggih pula, demi pencerahan ummat yang masih banyak kurang peduli dan kurang bangga pada jati diri muslimnya. Dan … Blog inipun ikut menyebarkannya pada Sidebar kanan Blog dengan Judul “Konversi Kalender Miladi - Hijri” yang berbentuk Widget Islami. Cara menggunakannya … mudah buanget coy !!!


Tampilan Widget : Pada lingkar kubah terdapat 2 baris tulisan penanggalan. Yang besar berwarna putih untuk Hijriyyah, sedang yang kecil dibawahnya, berwarna hitam untuk Miladiyyah (Georgian) yang menunjukkan tanggal hari ini (today). Kemudian ada sebuah bar (baris) berisi tulisan “today” yang diapit oleh dua pasang gambar panah. Panah tunggal, mundur atau maju (< >) digunakan untuk memilih BULAN, sedangkan panah ganda, mundur atau maju (<< >>) dipakai untuk memilih TAHUN.


Cara Penggunaan : (Misalnya kita ingin tahu 10 Nopember 1945 itu jatuh pada tanggal, bulan dan tahun berapa Hijriyyah ?). Langkah pertama, klik-lah angka 10” pada deretan tanggal yang ada dibawah tulisan today. Lalu klik gambar “panah tunggal maju” (>) beberapa kali sampai tulisan BULAN pada penanggalan Miladiyyah menunjukkan November. Kemudian klik gambar “panah ganda mundur” (<<) beberapa kali sampai tulisan TAHUN-nya menunjukkan 1945. Dan apa yang tertera pada tulisan penanggalan Hijriyyah diatasnya = 05 Dzul Hijjah 1364, itulah hasil konversinya. Lebih mudah dari main Game … kan ??? Begitu saja dibilang susah, apa kata Dunia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


STOP PRESS


Al-hamdu li ‘l-Lāh, sebuah karya besar “anak bangsa” telah hadir untuk melengkapi jati diri keislaman kita. Muhammad Maulana, seorang alumni MTs. MTM telah berhasil men-desain sebuah situs (Website) dengan content khusus tentang FARO’IDH (Hukum Waris Islam). Ini unik, karena ia seorang sarjana Ilmu Komputer dari IPB Bogor, tetapi garapannya justru tentang Islam. Situsnya telah dicantumkan dalam Daftar Links blog ini sejak sepekan yang lalu, dan URLnya adalah http://www.faroidh.webs.com/. Profil alumni yang satu ini akan kita post-kan dalam beberapa hari ini, in syā-a ‘l-Lōh.


Bagi rekan-rekan yang komputernya belum terkoneksi (online) dengan internet dan ingin mencoba “ber-Faro’idh dan ber-Zakat Ria” lewat IT, kami memiliki 3 software/program gratis untuk penghitungan Warisan (Indonesia / Arab) dan Zakat Penghasilan Pribadi. Programnya mudah dan tanpa instalasi serta penggunaannyapun segampang mengisi SPT. Mau … ? hubungi kami.


Admin of Hall of MTsMTM

04/09/2009 – 14/09/1430